Sabtu, 26 Maret 2011

Jelang Indoprix Sentul Diikuti 37 Pembalap


Akhir pekan ini di Sirkuit Internasional Sentul bakal digelar seri pembuka Indoprix musim 2011. Banyak yang memperkirakan, balapan tersebut bakal lebih seru dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut karena jumlah peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Musim balap 2011 ini ada 37 pembalap yang sudah terdaftar sebagai starter Indoprix,” ucap Bambang Gunardi dari Indospeed Motorsport Management sebagai pihak penyelenggara.

Dengan jumlah peserta yang cukup banyak tersebut, pada babak kualifikasi diberlakukan aturan waktu yang mesti diraih pembalap adalah 107% dari pembalap tercepat. Sebenarnya aturan ini bukanlah hal baru, pasalnya tahun sebelumnya regulasi itu sudah diberlakukan.  

Semua pabrikan motor yang ikutan tentu sudah melakukan persiapan yang matang. Enggak hanya tim Honda atau Yamaha saja, yang serius ingin mendulang poin di seri perdana Indoprix. Tim Suzuki dan Kawasaki juga enggak mau ketinggalan.

Arijanto. Ban Produksi 2011 baru akan dibuat setelah seri pertama

Di kubu pabrikan Honda, tahun ini turun dengan tim dan pembalap yang lebih banyak dari tahun lalu. “Ada 8 tim dengan total 13 jumlah pembalap yang memperkuat Honda di Indoprix seri perdana,” kata Anggono Iriawan, manager safety riding & motorsports department PT Astra Honda Motor.

Bahkan ada jadwal 3 hari latihan bersama yang dilakukan oleh semua tim Honda di Indoprix (15-17/3). Menu latihan di Sirkuit Sentul tersebut di antaranya adalah melakukan setting terhadap sasis dan mencari best time di antara 13 pembalap.

Yamaha sendiri meski enggak sedetail Honda dalam melakukan persiapan, namun mereka memiliki keyakinan yang cukup tinggi untuk bisa menjadi yang terbaik. Menurut Ari Wibisono, senjata Yamaha di balap masih bisa diandalkan untuk menang, selain itu loyalitas tim-tim yang pakai Yamaha cukup tinggi. “Maka dari itu, di seri pembuka Indoprix akhir minggu ini Yamaha pasti bisa mendulang poin,” ujar pria yang menjabat sebagai manager motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia.

Dengan mengandalkan 2 tim, Suzuki ingin mempertajam kekuatan Suzuki Titan yang sempat naik podium 3 di salah satu seri Indoprix tahun lalu. “Ada pengembangan riset komponen dalam mesin Titan yang penerapannya bisa membuahkan hasil yang cukup bagus pada musim balap kemarin,” kata Yudi Febrianto, divisi racing PT Suzuki Indomobil Sales.

Tim Kawasaki masih jadi kekuatan yang perlu mendapat perhatian. Pasalnya sudah terbukti, ramuan mesin Ibnu Sambodo dengan pembalap Hadi Wijaya berhasil mengasapi pembalap lain di Sirkuit Sentul. Apalagi musim ini mereka manambah kekuatan dengan memasukkan nama pembalap Gupito Kresna.

Sementara itu, sempat tersiar kabar bahwa ban IRC (one make tire Indoprix) produksi 2011 yang dipakai Indoprix masih langka di pasaran. Kalaupun ada, merupakan ban produksi bulan Oktober  2010. “Hal tersebut memang benar, pasalnya produksi ban paling anyar yang dipakai balap baru akan dimulai setelah gelaran seri 1 Indoprix. Saat ini yang masih tersedia adalah produksi Oktober dan Desember 2010,” terang Arijanto Notorahardjo, GM marketing PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC. 

Walau memang produksi bulan 10 dan 12 tahun lalu, namun Arijanto meyakinkan bahwa ban-ban tersebut diproduksi sesuai dengan aturan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia. Jadi enggak perlu kuatir soal performa ban. 

sumber :  otosport net






Lompatan 269 ft di Awal Tahun 2010

Daredevil Travis Prastana, memecahkan rekor dunia lompatan jauh menggunakan mobil rally. Lompatannya mencapai 269 kaki menggunakan mobil subaru.

Ia menciptakan lompatan sempurna di dermaga long beach, california. Mobilnya mendarat pada sebuah kapal tongkang.

rekor sebelumnya hanya mencapai 171 kaki oleh Ken Block pada tahun 2002.

Aksi berbahaya ini disaksikan 20.000 orang pada acara red bull new year, No Limit series....










sumber : aneh22 blogspot






Doni Tata Merapat ke Yamaha Indonesia Racing


Doni Tata Pradipta menjadi tumpuan utama Yamaha Indonesia Racing Team (YIRT) di ajang Kejuaraan Nasional Supersport dan FIM Asia Road Race 2011.

Kemarin (22/3), bertempat di Rolling Stone Cafe, YIRT resmi diluncurkan dengan target juara. YIRT merupakan kolaborasi Indoprom Racing Management dan Star Racing, yang disokong penuh T Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

“Yamaha tetap berkomitmen untuk membawa para pebalap sampai ke mana arah karirnya. Untuk mendukung hal ini kami berkolaborasi dengan Indoprom Racing Management dan Star Racing. Tujuan kami tentunya mewujudkan misi Road to World Champion seperti halnya Yamaha Cup Race,” ungkap Ari Wibisono, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Indonesia karena mendanai 80% proyek ini. Kami mendukung para pembalap untuk mendapatkan pengalaman dan berkompetisi dengan pembalap lain,” sebut Bambang Asmarabudi, Direktur Utama Indoprom Racing Management.

Doni Tata akan diduetkan dengan Dimas Eky. Sayangnya, Dimas mengalami kecelakaan mobil yang mengharuskannya istirahat hingga 3-6 bulan ke depan. YIRT sudah menunjuk penggantinya, Hoky Krisdianto. [dp]

Jadwal FIM Asia Championship 2011 (Supersport Asia):

28 April – 1 Mei : Malaysia
09 – 12 Juni : Indonesia
04 – 07 Agustus / 11 – 14 Agustus : China
08 – 11 September : Jepang
13 – 16 Oktober : China
24 – 27 November / 08 – 11 Desember : Qatar

Jadwal Super Sport Nasional 2011:
Lima seri di sirkuit Sentul, Indonesia

14 – 17 April
12 – 15 Mei
21 – 24 Juli
08 – 11 September
01 – 04 Desember

Source: DapurPacu online





Roy Suryo “Diusir” dari Pesawat Lion Air

 KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN Roy Suryo

Mungkin, baru kali ini pakar telematika dipermalukan oleh sebuah maskapai penerbangan. Kejadian heboh yang menjadi perbincangan ramai di Twitter terjadi pada Sabtu (26/3/2011) pagi tadi di pesawat Lion Air. Roy Suryo, Anggota Komisi I DPR RI, terlibat keributan dengan seorang penumpang gara-gara berebut kursi pesawat dan diusir dari pesawat.

Kejadian heboh itu berawal dari tweet seseorang dari akun @ernestprakasa. Disebutkan di situ, @ernestprakasa menumpang pesawat Lion Air pukul 06.15 WIB menuju Yogyakarta. Tanpa ia ketahui, nomor kursinya ternyata sama dengan nomor kursi di tiket milik Roy Suryo dan istrinya.

"Pas di cek, trnyata, *jreng2* tiket Roy Suryo a/ u/ flight jam 7.45, bukan 6.15. Tapi dia kekeuh ga mo turun, pk bw2 nama dir.Lion Air," katanya di Twitter.

Di sinilah kehebohan itu terjadi, karena sempat terjadi adu mulut antara Roy dan para penumpang. Perintah yang meminta Roy segera turun juga bergema di pesawat. Sang pilot bahkan disebutkan emosi akibat insiden ini. Sampai akhirnya, petugas bandara mendatangi Roy Suryo dan menjelaskan persoalan sebenarnya.

Kehebohan selesai. Roy Suryo akhirnya turun dari pesawat. @ernestprakasa pun bisa duduk di kursi pesawat "miliknya" yang sudah ditinggalkan politisi Demokrat itu.

Berdasarkan pantauan di akun Twitter milik Roy Suryo setelah kejadian itu, Roy memang tidak membantah soal kejadian ini. Hanya, Roy berkilah dengan mengatakan dirinyalah yang mengalah dan menilai bahwa kesalahan justru ada di pihak Lion Air yang membuatnya bisa tercatat di kursi yang sama.

Hal itu seperti yang disebutkannya melalui akun @RMTRoySuryo, "Tweeps Yth, karena ada issue dari soal Lion Air, maka saya memang perlu klarifikasi: Yg BENAR saya justru MENGALAH atas Double seat. Tks."

Pada akun selanjutnya, Roy juga mengeluarkan pernyataan lain di @KRMTRoySuryo: "Tweeps Yth, jadi karena saya sangat tahu etika bahwa posisi selaku Wakil Masyarakat, maka saya yg MENGALAH & bahkan BERANI MINTA MAAF."

Source: kompas regional






Kelebihan blogspot.com dibanding wordpress.com

Diantara berbagai layanan blog gratis yang ada dewasa ini, boleh dibilang blogspot dan wordpress lah yang paling banyak penggunanya.

Jika ditanya sayap pilih yang mana antara blogspot atau wordpress maka saya akan menjawab saya memilih blogspot.

Kenapa? Mungkin itu pertanyaan yang akan anda ajukan. Inilah jawabanya

1. Blogspot support pemakaian javascript sedangkan wordpress tidak.

2. Di blogspot ada fasilitas edit html templates sehingga kita bisa mendisain sendiri templates kita dan bisa mengambil dari situs penyedia template lainya sedangkan wordpress tidak bisa.

3. Di blogspot bisa menggunakan custom domain secara gratis sedangkan wordpress untuk domain mapping harus bayar

4. Wordpress tidak mengizinkan blognya untuk digunakan dalam kontes seo sedang blogspot sejauh ini masih boleh di gunakan untuk kontes seo seperti kontes javahostindo web hosting indonesia

Mungkin itu alasan saya kenapa memakai blogspot. Mungkin anda ada pendapat yang lain, silakan untuk berkomentar


sumber : masuklis.com




Chevrolet Captiva Prime Limited


Tanpa seremoni berlebihan, PT General Motors Autoworld Indonesia (GM Indonesia) meluncurkan Chevrolet Captiva Prime Limited, hanya ditawarkan 60 unit dengan dua pilihan warna, Sterling Silver dan Black Sapphire yang  dibandrol Rp 350 juta on the road DKI Jakarta.

Debora Amelia Santoso, Marketing & PR Director GM Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, hari ini mengatakan, "Sukses Captiva Prime 2010 membuat kami kembali memasarkan Captiva Prime 2011, dengan sejumlah penambahan elemen opsional yang mendongkrak penampilan."

Perbedaan tampak  pada eksterior berupa aksen krom pada lampu kabut, handel pintu serta lower bumper yang diwarnai senada dengan bodi,  membuat Captiva Prime 2011 lebih elegan. Lampu utama menggunakan HID dan velg lebar palang lima 20 inci dibalut ban GT Radial Champiro HPY 255/45 ZR20 101Y. Lampu buritan  mika transparan dan tak lupa sentuhan emblem Captiva Prime.

Bagian dalam kabin, semua jok dan door-trim sudah dibalut kulit. Melengkapi sistem hiburan, layar sentuh HD WXGA 7 inci sudah terintegrasi DVD, GPS dengan peta Indonesia. Piranti ini juga bisa membaca SD Card, konektor I-Pod, USB port, Aux-In, TV Ready, Virtual CD Changer, dan konektivitas Bluetooth.

Bagian mesin masih sama, 2.0L VCDi 16 valve menggandeng transmisi 5-percepatan otomatis GM Tiptronic bertenaga 150 PS pada 4.000 rpm dan torsi 320 Nm pada 2.000 rpm.

sumber : otomotif.kompas





Audi A8 L

 Audi A8 L Security, selain anti peluruh, mesin bertenaga besar, sistem komunikasinya juga hebat

Audi, salah satu produsen mobil premium Jerman yang sukses mendulang pertumbuhan penjualan global tahun lalu, mengumumkan akan meluncurkan edisi khusus A8  “high-security”.  Spesifikasi khusus, flagship Audi yang diberi nama A8 L Security, luar biasa -  tidak hanya dari fitur keamanan dan keselamatan -  juga mesinnya. Bahkan, sistem infotainment dan telekomunikasinya, versi paling top dari teknologi mutakhir.  

Modifikasi Khusus

Menurut Audi, sedan ini dimodifikasi secara khusus dan dikerjakan dengan tangan oleh sebuah bengkel kecil di Neckarsulm, Jerman. Lantai dan pintu ditambahi pengaman yang membuat mobil menjadi anti-tahan terhadap peluru. Juga ada sistem pengaman, pengemudi tidak bisa menggunakan telepon saat mobil  melaju. 
Bodi Audi A8 yang semula dibuat dari aluminium, dimodifikasi lagi dengan konsep Audi Space Frame (ASF), yaitu penguatan dengan baja anti-peluru yang menghabiskan 450 jam kerja. Ciri khas lain dari mobil jarak sumbu rodanya (wheel base) juga lebih mulur dari versi standar. Panjang mobil ini sendiri 5,27 meter

Mesin yang digunakan, A8 L Security adalah W-12, 6,2 liter, yang menghasislkan tenaga 368 kW (500 PS) dan torsi 625 Nm. Cukup untuk mengenjot mobil ini yang makin berat. Bobot mobil bertambah, kaena beberapa bagian bodi, lantai dan pintu ditambahi lapisan baja dan kaca anti-peluru.

 Interior Audi A8 L Security dilengkapi dengan koneksi internet hotspot broadband

Standar NATO

A8 L ini juga memperoleh sertifikasi khusus dari fasilitas tes balistik pemerintah Jerman di Muenchen untuk standar perlindungan balistik Class VR 7 (dites berdasarkan BRV: Bullet Resistant Vehicle 2009).  Pengetesan terhadap ledakan menggunakan standar ERV 2010 Guidelines (ERV: Explosion Resistant Vehicle).
Tes balisitik Class VR 7 pada sedan, merupakan tingkat keamanan tertinggi yang pernah dilakukan untuk kendaraan sipil. Lembaran pelat yang digunakan untuk sel penumpang telah memenuhi standar amunisi NATO yang sangat ketat.

Intergrasi berbagai komponen pada bodi, membentuk sel kemanan sedan antara lain baja anti peluru, aramid fabric, keramik, aluminium campuran khusus dan kaca pintu yang berlapis-lapis. Baja anti peluru yang dilapiskan ke bodi menambah berat mobil 720 kg.

Bodi samping memang aluminium, namun di dalamnya dilapisi baja, termasuk campuran aluminium khusus di lantai yang mampu menahan ledakan granat tangan. Ini bukan sekadar teori, juga juga dilakukan tes lalu dnegan menggunakan dummy yang tidak mengalami kerusakan. Kaca samping, depan, dibuat secara khusus, bagian dalam dilapis polycarbonat
untuk mencegah bratakan bila tetap pecah.  

Pjuga ada pembuka kaca elektromekanis (tambahan) untuk samping, kaca bisa diturunkan ke sampai ke bawah. Untuk kaca ini tambahan berat 300 kg, sedangkan pintu 360 kg. Pintu dilengkapi dengan fungsi stop, pintu berhenti pada posisi yang ditentukan.  

“Communication Box”

Sistem keamanan lainnya adalah “communication box” yang ditempatkan di bagasi plus baterai cadangan agar alat tersebut tetap bisa bekerja bila  sumber energi utama bermasalah.  Hebatnya lagi, “communication box” ini dilindungi dengan baja anti-peluru. Dijelaskan, jika pembeli ingin minta tambahan baterai dan tangki bahan bakar dengan keamanan lebih tinggi lagi, Audi juga siap mengadakannya.
Tambahan lain adalah sistem darurat dengan teknologi  paten Audi. Ketika pengemudi atau penumpang belakang menekan skalar tamperproof (dirusak) dan menarik sisi dalam gagang pintu, pyrotechnical memisahkan sekrup di engsel untuk melepas pintu dari bodi. Pintu akan jatuh dari bodi mobil hanya dengan sedikit tekanan.

 Bodi luar tetap aluminium, namun di dalam diberi lapisan baja anti peluru. Lantai malah bisa menahan ledakan granat

Tabung Oksigen

Fitur pengam an lain adalah sistem pemadam kebakaran yang diaktifkan melalui sensor panas atau dengan menekan tombol. Cairan pemadam api akan mengalir dari dua tabung atau kanister yang dipasang di ruang penumpang melalui dua pipa di sepanjang lantai. Nosel pemadam secara otiomatis akan menyemprot sepatbor (rumah roda) lantai, tangki bensin dan ruang mesin. 
Juga disediakan sistem udara segar darurat  melalui dua tabung oksigen ditempatkan di area aman (terlindung).  Hanya dengan menekan tombol, sistem akan mengalirkan udara segar ke interior melalui ventilasi di atap. Bisa memenuhi kebutuhan saat menerobos daerah berbahaya atau zona merah. 

Sistem bekerja dengan menghasikan tekanan pada interior kendaraan untuk mencegah gas beracun masuk ke kabin. Tambahan lain, disebut Audi “pengaman start”, mesin dihidupkan melalui sinyal radio. 

Juga ada ekstraktor asap dari ruang penumpang, sistem sinyal LED bila konvoi, lampu flash, sirene dan  sistem radio berjalan profesional, tiang bendera, telepon permanen, pencatat data kecelakaan (black box), kamera untuk melihat situasi belakang, kaca depan yang dipanaskan plus kaca samping dipanaskan secara parsial. Untuk ini, Audi menyediakan perlengkapan keamanan berdasarkan permintaan pribadi konsumen. 

 A8 L Security, anti-peluru

Bose

Paket standar dari mobil ini adalah sistem kontrol udara empat zone dengan ionizer, penutup kaca belakang yang bekerja secara elektrik, sistem suara surround Bose. Di belakang hanya ada dua jok dengan posisi terpisah dan punya setelan sendiri. Khusus untuk A8 L W12, seluruh inteiror dilapisi dengan kulit. 
Sesuai permintaan, Audi menyedikan jok belakang untuk rileks – dapat disetel bersama dengan  tatakan kaki, plus pemanas atau pemijit. Juga tersedia konsol tengah yang memanjang sampai ke bagasi. Untuk hiburan penumpang belakang, disediakan dua layar monitor 10,2 inci. Tambahan lain adalah meja lipat dan refrigerator. 

Layar Sentuh

Teknologi masa kini yang ditawarkan adalah Navigasi NMI dengan hard disk berkapasitas besar, monitor 8 inci resolusi tinggi dan prosesor grafis 3D yang cepat. Pengoperasian perintah dilakukan dengan menyentuh layar monitor seperti komputer tablet atau telepon seluler dengan sistem operasi Android.
Bersama NMI disatukan pula sistem lain, yaitu pemantau di depan mobil, kontrol transmisi otomatis, lampu depan, adaptive cruise control dan fungsi stop & go. Tambahan lain, pembatu parkir (park asssist) plus Audi Top View – sistem empat kamera  di sekeliling mobil untuk memantau kondisi di sekitarnya plus Bloetooth (standar).

Untuk koneksi ke internet, digunakan modul UMTS. Berbagai aplikasi hasil  kerjasama dengan Google pun bisa diunduh. Penumpang belakang juga bisa menghubungkan telepon selularnya ke hotspot WLAN  yang dipasang di dalam mobil.

 Penampilan Audi A8 terbaru, edisi khusus dengan tingkat keamanan tinggi

Performa

Kemampuan A8 L melakukan sprint untuk 0-100 km/jam, 7, 3 detik. Sedangkan kecepatan top dibatasi, 210 km/jam. Konsumsi bahan bakar, klaim Audi 13,5 liter/100 km atau 7,4 km/liter.  

Dijelaskan pula, nantinya akan ditawarkan mesin lain yang lebih ekonomis, konsumsi bahan bakarnya berkisar 9-10 km per liter. Kedua mesin, akan disandingkan dengan transmisi tiptronic 8-percepatan, yang bisa dioperasikan melalui saklar modeltoggle di setir. Untuk memindahkan tenaga ke roda, digunakan sistem 4x4 Quatro permanen, khas Audi.

Untuk menambah kenyaman penumpang, Audi memasang suspensi “angin adaptif”. Tambahan lain, pelek 19 inci dua warna berpasangan ban 255/720 untuk memikul bobot yang berat. Untuk itu pula, A8 L ini dilengkapi dengan sistem yang memantau tekanan angin secara terus-menerus.

Bagi pembeli mobil ini, Audi akan memberikan latihan buat pemilik dan pengemudinya. Sayang, Audi tidak menyebutkan harga. Maklum, dibuat sesuai pesanan!

sumber : otomotif.kompas





Suzuki Solio


Bersamaan dengan pengumunan Mitsubishi akan menggunakan Suzuki Solio sebagai produk yang dijual dengan nama “eKWagon”, ternyata Suzuki juga meluncurkan produk yang sama untuk pasar Jepang. Peluncurkan dilakukan sehari sebelum natal dan unit sendir baru akan masuk ruang pamer di Jepang pada 7 Januari 2011.

Menurut Suzuki, Solio baru merupakan mobil mini yang agak diperbesar, terutama tingginya. Tujuannya untuk mendapatkan ruang kabin yang makin besar. Kendati demikian, konsumsi bahan bakar diklaim tetap ruang. Kalim Suzuki sesuai standar tes Jepang, 22,5 km/liter.

Ciri khas Solio baru, kedua pintu samping belakang model geser. Dimensi kendaraan yang berbentuk kotak dan disebut wagon ini, panjang 3.710 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.765 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 2.450 mm. Transisi yang digunakan otomatik, CVT.




Untuk mesin sama dengan yang digunakan Suzuki Splash K12B namun diset lagi sehingga performanya sedikit berbeda. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 67 (91 PS) @6.000 rp dan torsi 118 Nm @ 4.800 rpm. Selanjutnya, digunakan ban 165/65R14.

Suzuki berharap Solio bisa mengikuti langkah keberhasilan Swift dengan pejualan yang terus tumbuh dengan target penjualan di Jepang 12.000 per tahun. Suzuki sendiri akan memasok Solio ke Mitsubishi 800 unit per bulan 1.382.850 yen atau Rp 142 juta. Perlengkapaan yang disertakan pada mobil adalah ESP, ABS dan EBD.

sumber : otomotif.kompas




Mitsubishi ASX

Mitsubishi ASX saat dijajal di proving ground Bridgestone

Menghadapi 2011, PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), ATPM Mitsubishi di Indonesia tengah mempersiapkan beberapa model terbarunya. Salah satunya, ASX yang sempat dipamerkan pada IIMS 2010 dan sudah dijajal para wartawan.

Meski tak secara gamblang disebutkan, namun Eiichi Koito, Operating Marketing Director KTB mengungkapkan kalau pihaknya masih melakukan studi untuk memasukkannya. "Kami pertimbangkan dan pembicaraannya sudah dimulai," ungkap Koito.

Indikasi kuat kalau ASX yang bakal meramaikan pasar Indonesia, dengan telah diajukannya pendaftaran ke Kementerian Perindustrian. Dalam data tersebut tercatat Mitsubishi ASX 2.0L GLX AT, serupa dengan yang ditampilkan saat IIMS 2010, Juli lalu.

"Yang pasti, kami tak ada rencana apapun dalam beberapa bulan ke depan," elak Koito ketika didesak mengenai waktu peluncuran ASX.

Sebelumnya, saat bulan puasa lalu, baik Koito maupun Rizwan Alamsjah (Direktur Pemasaran KTB) telah mengungkapkan rencana mereka memasarkan SUV ini di Indonesia  2011 dengan nama  Outlander Sport. Bahkan  Koito sempat menaksir harga jualnya ada di kisaran Rp 300 juta atau sedikit di bawah Honda CR-V.

Awal November lalu, Mitsubishi Motors Malaysia baru saja meluncurkan ASX ini dengan mengimpornya langsung dari Jepang. Mobil bermesin MIVEC 2.0 liter bertenaga 150 PS dan torsi 197 Nm dengan sistem penggerak dua roda ini ditawarkan dengan banderol harga 139.890 ringgit atau setara dengan Rp 339,6 juta.

sumber : otomotif.kompas




Mitsubishi Lancer Evo "Tutup Usia"

 Generasi terakhir Lancer Evolution

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menyampaikan kabar bahwa prinsipal Mitsubishi tidak lagi memproduksi Sedan Lancer Evolution, paling cepat  dua tahun lagi (2013). "Padahal, permintaan (konsumen) sampai sekarang masih ada, tapi fokus perusahaan lebih pada teknologi EV (electronic vehicle). Jadi, kita terpaksa harus berhenti produksi," ujar Gayu Eusegi, kepala Pengembangan Produk Global Mitsubishi seperti dilansir Caradvice, hari ini (3/3).

Gayu Eusegi menambahkan, Evolution memikul tanggung jawab terhadap citra merek yang panjang hampir dua dekade. Tapi kondisi lingkungan di sekelilingnya sudah berubah dan Evo tidak cocok dengan visi yang lagi dijalankan Mitsubishi bahwa mulai tahun ini, MMC akan meluncurkan delapan model baru semuanya berteknologi hibrida, plug-in hibrida dan listrik murni sampai 2015.

Visi perusahaan menciptakan kendaraan dengan energi alternatif untuk masa depan. Nah, Evo dinilai tak cocok dengan kebijakan perusahaan yang baru ini.

Padahal, reputasi Lancer Evolution di ajang di ajang World Rally Championship cukup hebat melalui pereli Tommi Makinen yang berhasil menggondol juara dunia empat kali (1966-1999) dengan mengandalkan Lancer Evo II sampai IV yang menjadi era keemasan Mitsubishi Lancer.
Sukses di arena sport otomotif membuat produksi seri Lancer yang dimulai pada 1992 (Lancer Evo I) terus berjalan lancar hingga mencapai generasi X. Lancer Evo X (sepuluh) ini konsepnya sudah diperkenalkan pada 2005 dan baru dipasarkan di Jepang 2007.

"Mungkin dunia sudah berubah dan  suatu hari nanti kami bisa menciptakan mobil sport  listrik untuk kembali ke pasar (sport) lagi," mimpi Eusegi.

sumber : otomotif.kompas

 



Chevrolet Orlando

 Orlando Dibandrol Rp 140 - Rp 177,7 Juta

Akhirnya MPV 7-penumpang Chevrolet itu meluncurkan juga dan di Asia dimulai dari salah satu basis GM, Korea Selatan. GM menyebutk Orlando sebagai kendaraan keluarga moderen, kenyamanan dan kesenangan, diperoleh dalam satu paket.
 
“Kami menciptakan segmen baru melalui Orlando,” kata Mike Arcamone, Presiden & CEO GM Korea. Ditambahkan, Orlando  merupakan kendaraan  yang dirancang dengan filosofi “value for money”. 

Saat memperkenalkan Orlando ALV, Mike Arcmone yakin, MPV ini akan membuat konsumen Korea memberikan perhatian lebih untuk Chevrolet (maklum nama ini baru saja di gunakan menggantikan Daewoo di Korea).  Perkenalkan Orlando sekaligus membuktikan Chevrolet akan melakukan pemasaran ofensi. Untuk itu, sembilan bulan ke depan, GM akan memasarkan 9 model di Korea. 


Nama Orlando
Juga dijelaskan, asal nama Orlando pada MPV ini, yaitu salah tempat atau kota tujuan wisata paling populer bagi keluarga Amerika,  yaitu Orlando di  Florida. Kendati demikian, konsep lain juga dicemplungkan ke MPV, yaitu  crossover dengan garis atap yang rendah. Untuk membuat penampilannya, gagah rumah, tempat roda sudah disiap untuk diganti dengan ukuran 16, 17 dan 18 inci. 
Lampu depan dikeliling dengan lis hitam piano. Sedangkan lampu belakang dibuat dengan fungsi terpisah. Ciri khasnya adalah lampu tengah yang dipasang di bumper belakang.

Contek Corvette

Untuk interior, menurut Chevrolet, dicontek dari Corvette, yaitu “dual cockpit”  yang dilengkapi ilengkapi lampu biru di tengah konsol. Tempat duduk tiga deret disusun bergaya theater, di belakang lebih tinggi dari depan sehingga penumpang lebih nyaman. 
Pengaturan berbagai konfigruasi jok deret kedua dan ketiga, memungkinkan bagasi bertambah besar. Jok deret kedua  malah bisa dilipat ke samping kanan dan kiri, tujuannya untuk memudahkan penumpang di deret paling belakang mudah masuk.  Dengan jok deret kedua dan ketiga dilipat mendatar, kapasitas bagasi mencapai 1.594 liter. 

Mesin

Untuk pasar Korea, Chevrolet memasang mesin diesel DOHC, 4-silinder, 16-katup yang dikombinasikan dengan transmisi otomatik dan manual 6-percepatan. Mesin diesel ini dilengkapi dengan turbocharger tipe geometri variabel (sudut daun kipas berubah sesuai dengan kecepatan putaran) dan mampu menghasilkan tenaga maksimum 163 PS @3.800 rpm plus torsi 36,7 kgm @1.750 – 2.750 rpm. Torsi pada putaran “flat” dan rendah ini diperoleh karena Chevrolet menerapkan efek pusaran bervariasi pada sistem saluran isap udaranya.
Dengan menggunakan teknologi “common rail”,  konsumsi bahan bakar MPV ini diklaim 17,4 km/liter untuk transmisi manual dan 14,0 km/liter buat otomatik. Sedangkan emisi gas buang sudah memenuhi standar Euro V.

Dikatakan pula, sasis Orlando basisnya sama dengan sedan Chervrolet Cruze.  Untuk itu pula, karakteristik pengendalian dan handling mantap, mirip sedan.  

Untuk keamanan, selain membuat “sarang” mengamankan penumpang dari tabrakan depan, belakang dan samping, GM memasang enam kantung udara, dua di depan, samping dan tambahan di kaca samping. Kantung udara samping dipasang di luar sisi jok untuk melindungi pinggul dan dada pengemudi dan penumpang bila mobil ditabrak dari samping. 

Perlengkapan lain adalah teknologi Crash Sensor Technology (CCS) yang memastikan pintu tidak  terkunci (secara otomatis) bila tabrakan. Juga ada Electronic Stability Control (ESC) disatukan dengan Electronic Brake Force Distribution System (EBFDS), Anti-Lock Brake System (ABS), Engine Drag Control (EDC) dan Traction Control System (TCS). Semuanya untuk mencegah mobil melintir saat berbelok kencang di permukaan jalan lincin serta Hydraulic Brake Assist (HBA). 

Di Korea Selatan, Orlando dijual, dari harga terendah 19 juta won (Rp 140 juta) dan yang paling mahal 24 juta won atau Rp 177,7 juta untuk tipe LTX. 

Bagaimana kalau GM  memasarkan di Indonesia? Impor CBU pasti akan lebih mahal.  Lebih kompetitif bila dirakit di sini! 

Spesifikasi
 Specification Orlando 2.0 Diesel
 Panjang                                (mm) 4.665
 Tinggi                                   (mm) 1.635
 Lebar                                   (mm) 1.835
 Jarak sumbu roda                 (mm) 2.780
 Trek(mm)
 Depan
1.584
 Belakang
1.588
 Mesin  Katup 16-katup,   DOHC
 Kapasitas                 cc  1.990
Tenaga maks. PS @rpm 163 @3,800
 Torsi maks.  kg.m @rpm
 36,7 @1,750-2,750
 Transmisi Manual & Otomatik 6-percepatan
 Konsumsi solar (km/l)
 M/T
17,4
 A/T
14,0
 Berat kendaraan (kg)
 M/T
1.695
 A/T
1.705

 sumber : otomotif.kompas







Chevrolet Colorado

  Calon Pesaing Pikap Mitsubishi dan Ford

General Motors menampilkan potongan gambar (teaser) All New Chevrolet Colorado, salah satu produk andalannya, di dunia maya, kemarin (7/3). Pikap kabin ganda ini memulai debutnya di ajang Bangkok International Motor Show ke-32, Thailand, 25 Maret 2011.

Dari tampilan, aura tangguh dengan guratan bodi yang tegas terpancar pada desain eksterior. Gril seperti punya DNA yang sama dengan produk global Chevrolet lain seperti Cruze, Captiva, dan Orlando. Terlebih bentuk lampu utama serta penempatan lampu sein di bawah spion samping menyegarkan tampilan Colorado.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com semalam, Chevrolet menyatakan Thailand dipilih sebagai negara perdana yang memperkenalkan Colorado ke dunia karena salah satu pasar pikap kabin ganda terbesar di dunia. Buktinya, 43 persen penjualan mobil di Thailand sepanjang 2010 disumbang dari jenis ini.

"Pikap kabin ganda punya peranan penting bagi pasar Asia Tenggara. Colorado sudah menjadi bagian dari gaya hidup di kawasan ini khususnya Thailand, menjadikannya tempat yang pantas bagi GM melahirkan generasi terbaru Colorado," ujar Martin Apfel, President of GM Thailand/SEA and Chevrolet Sales Thailand.

Setelah peluncuran perdana, Colorado generasi baru mulai dipasarkan di pasar domestik negeri Gajah Putih akhir 2011. Informasi lebih lanjut terkait produk, termasuk harga jual, baru tersedia saat peluncuran perdananya. Di Indonesia sendiri, Colorado disiapkan masuk ke pasar paling cepat semester kedua tahun ini.

sumber : otomotif.kompas




Ford All New Ranger

Dua model Ford All-New Ranger Tampil Lebih Klimis dan Manis 

Kesan pertama ketika melihat penampilan atau wajah Ford All-New Ranger saat selubungnya dibuka adalah, pikap tersebut kini klimis atau lebih manis. Kesan kasar sudah berkurang. Hal tersebut diakui oleh Graig Metros selaku Kepala Desain All-New Ranger dalam wawancara khusus dengan wartawan Indonesia. Ia juga menyampaikan hal itu ketika menjelaskan konsep desain saat smalltruck ini diluncurkan.

"Semua itu sesuai dengan permintaan konsumen. Jadi, sebelum memastikan desain yang dipilih, kami melakukan survei. Ternyata mereka memilih penampilan yang lebih manis sekarang ini. Namun, kesan modern, gaya, hi-tech, dan tentu saja efisiensi tetap diutamakan," bebernya. Bahkan, ketika konsumen disodorkan desain F150 bersama All-New Ranger, "Mereka memilih ukuran yang lebih kecil," lanjut Metros.


Lebih ramping

All-New Ranger lebih panjang dari yang sedang dipasarkan sekarang. Untuk versi double cabin (DC), panjangnya 5.359 mm dan lebar 1.850 mm. Adapun Ranger yang yang dipasarkan sekarang memiliki panjang 5.173 mm dan lebar 1.788 mm. Tepatnya, All-New Ranger lebih ramping. Di samping itu, kaca depannya juga lebih landai sehingga lebih aerodinamis. 
Kendati sosok bodi lebih manis, dengan ban dan velg alloy 18 inci, All-New Ranger jadi kokoh. Versi lama menggunakan velg baja 15 inci.  

Untuk pasar ASEAN, Ford menawarkan model dengan bodi Regular, Super, dan Double. Ford pun mengklaim, gaya kabin Ranger kini paling besar di segmennya. Sistem penggerak yang ditawarkan adalah 4 x 2 dan 4 x 4. All-New Ranger juga ditawarkan dalam dua macam ketinggian. 

Perubahan dilakukan Ford secara menyeluruh terhadap desain bodi, interior, dan kabin. Bahkan, mesin total baru dan disediakan dalam beberapa pilihan. 

Teknologi baru yang ditawarkan adalah Bluetooth dengan Voice Control dan kamera untuk melihat suasana di belakang kendaraan yang ditayangkan pada kaca spion.

Truk kecil ini diklaim mampu menarik muatan 3.350 kg untuk versi mesin diesel dan muatan 1.500 kg. Klaim lain, volume bak untuk Single Cap dan Supercap terbesar di kelasnya.
 Interior All-New Ranger, total baru, lebih gaya dan moderen

Pilihan mesin

Untuk mesin, ditawarkan beberapa pilihan, yaitu Duratorq TDCI, diesel 4-silinder, berkapasitas 2,2 liter. Mesin baru ini berkemampuan lebih besar dibandingkan versi 2,5 liter yang digunakan sekarang ini. Mesin baru tersebut juga dilengkapi dengan turbocharger dan menghasilkan tenaga 110 kW (9150 PS) dan torsi 375 Nm. Adapun Mesin diesel 2,5 liter yang digunakan sekarang menghasilkan tenaga 109 PS @ 3.500 rpm dan torsi 27,1 (265 Nm) @ 2.000 rpm.
Untuk konsumen Indonesia, Ford akan memasarkannya pada pertengahan tahun depan (nanti akan dipajang di IIMS, Juli 2011). Menurut Presdir Ford Motor Indonesia Will Angove, Ford akan memilih mesin 2,2 liter.

Mesin lainnya adalah diesel 3,2 liter, 5-silinder, yang mengasilkan tenaga 147 kW (200 PS) dan torsi 470 Nm. Mesin lainnya adalah bensin 2,5 liter, 4-silinder, yang juga bisa menggunakan LPG. Bila menggunakan bensin, tenaga yang dihasilkannya  122 kW (166 PS).

Kapasitas tangki bahan bakar 80 liter. Kemampuan lain berdasarkan klaim Ford adalah konsumsi bahan bakar Ranger 4 x 2 berbahan bakar bensin menggunakan 9,8 liter bahan bakarnya tiap 100 km atau 10,2 km/liter. 

Ranger mesin diesel 2,2 liter mengonsumsi bahan bakar 7,6 liter per 100 km atau 13 km/liter (juga untuk versi 4  x 2). Adapun Ranger bermesin diesel 3,2 liter, sistem gerak 4x4, diklaim berkonsumsi bahan bakar 9,6 liter per 100 km atau 10,4 km/liter. 

 Penampilan All-New Ranger dari samping. Kaca depan lebih landai

Transmisi

Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda, Ford memilih transmisi 6-percepatan otomatik DSG. Transmisi terbaru ini memperoleh perbaikan sehingga perpindahan gigi berlangsung lebih halus dan lancar. Versi otomatik juga dilengkapi dengan sequential shift control
Inovasi baru yang dilakukan Ford pada Ranger adalah kemampuan transmisi  otomatik untuk menentukan kendaraan dalam kondisi menanjak melalui fitur Grade Control Logic. 

Dengan cara ini, transmisi akan berpindah ke gigi lebih rendah ketika kendaraan turun sehingga bisa memperoleh efek pengereman mesin. Hal tersebut bisa diperoleh karena sistem dilengkapi dengan pemantau.

Perlengkapan keamanan lainnya adalah ESP, ABS, dan EBA yang dirancang bila pengemudi mengoperasikan rem secara mendadak.

Kendati baru diluncurkan di Bangkok yang merupakan pusat pembuatannya, Ford sudah memperlihatkan fisik kendaraan tersebut ke publik Australia, tahun lalu, tepatnya pada Sydney Motor Show, Oktober lalu. Adapun penampilan di Bangkok kali ini adalah penampilan resmi pertama bagi Ranger di depan publik Asia.

sumber : otomotif.kompas

Horex VR6

 Sepeda Motor Bermesin Radikal Akan dipasarkan paling cepat akhir 2011

Salah satu merek sepeda motor Jerman, Horex kembali masuk jalur pasar (setelah berhenti pada 1950-an) akan memasarkan produknya akhir 2011 yang kini sedang menjalani tes. Mesin yang digendong kendaraan berotot ini cukup radikal, berkonvigurasi "V" dan punya tenaga 200 HP, juga lagi dalam pengembangan.

Kenapa dikatakan radikal? Karena, jantung pacu Horex berkapasitas 1.218 cc V6 (bore 68 mm dan stroke 55 mm) dilengkapi supercharged ini, terinspirasi dari kesuksesan mesin VR6 VW. Jika dilihat dari luar penampilannya seperti tiga silinder, padahal multisilinder segaris.

Mesin terinspirasi dari kesuksesan mesin VW VR6

Mesin ini digarap oleh insinyur Jerman Clemens Neese bersama mitra bisnisnya, Frank Fischer. Pengembangannya sudah dilakukan selama lima tahun terakhir secara rahasia. "Ini mesin 6 silinder yang halus, tapi hentakannya ganas dengan mengeluarkan suara yang khas," bangga Fischer.

Sedang desain motor dikerjakan oleh Peter Naumann dengan karya besarnya seperti Moto Guzzi MZ 1000 dan 1000SF. Dan paling fenomenal skuter BMW C1 dan konsep tiga roda Clever dengan kedua roda depan dimiringkan saat hendak membelok.

 Saat ini terus dilakukan pengujian mesin, sasis dan elemen lainnya

"Dalam fase uji coba itu kami ingin mengetahui konfigurasi suspensi, dasar geometri dan penyetelan mesin yang sesuai dan cocok," jelas Hennes Fischer, Kepala Pengembangan Horex. Ditambahkan oleh Hennes, pihaknya menggunakan dua unit prototipe dengan spesifikasi yang berbeda untuk tes independen.

Jadi, lanjutnya, ini satu-satunya cara bisa mengevaluasi respon mesin di semua kondisi, dan mengetahui bagaimana kerja per dan kerangka dengan beban yang berbeda di jalanan aspal. Kemudian, untuk menekan efisiensi (biaya), banyak komponen komersil dipakai saat pengujian, kecuali sistem exhaust yang tampaknya belum siap diproduksi. Para insinyur Horex memberi teknologi "tough rubber belt" untuk mengirim daya yang disalurkan ke roda belakang.

Horex akan dipasarkan akhir 2011 dengan harga diperkirakan Rp234 juta, masih lebih murah ketimbang pesaingnya Yamaha V-Max yang dibenderol Rp254 juta. Tapi, untuk saat ini fokus perusahaan membangun jaringan dealer di Swiss, Jerman dan Austria.

sumber : otomotif.kompas

Mercedes C63 AMG


Mercedes-Benz meluncurkan C-Class Coupe atau C63 AMG yang sudah mendapat pengembangan dari divisi rumah modifikasinya AMG. Sedan sport ini ditawarkan dalam dua versi mesin untuk menyaingi kompetitornya Audi RS5 bertenaga 450HP dan BMW M3 dengan 420HP.
Sedan kupe Mercedes 2012 ini bermesin normal V8 dengan kapasitas 6,2 liter. Lantas, AMG meng-upgrde jantung pacunya dalam dua versi untuk pasar negara berbeda. Versi pertama untuk pasar Eropa dibekali tenaga 487HP dengan akselerasi 0-100 km ditempuh 4,4 detik dan kecepatan maksimumnya 280 km per jam. Sedang model standarnya, tenaga maksimum hanya 457HP dengan torsi puncak 600Nm.


Versi kedua buat pasar Amerika yang tenaga standar 451 HP telah ditingkatkan menjadi 481 HP dengan torsi 443lb-ft. kecepatan maksimum sama seperti spek Eropa.

Untuk transmisi, M-B hanya menawarkan satu pilihan untuk menggerakkan roda belakang C63 AMG, yakni AMG Speedshift MCT 7-speed otomatis yang memiliki beberapa mode pilihan seperti "C", "S", "S+" dan "M". Pemilihan mode yang bertujuan efisiensi ini dilakukan seperti diterapkan pada AMG SLS Gullwing dengan putar tombol.



Pihak Mercedes menjelaskan, untuk perpindahan gigi saat mode "S" dan "M" hanya butuh waktu 100 milidetik. Sedang fungsi RACE START didapat melalui akselerasi awal.

Selain mesin, AMG juga memodifikasi suspensi depan dengan tiga link yang terpisah dan suspensi belakang model multi-link independen. Trus, camber keempat roda dibuat lebih negatif dengan sistem penghenti laju yang memiliki performa tinggi setelah cakram depan diganti bahan komposit.

Tampilan C63 tampak lebih sporty setelah mendapat sentuhan dengan bodykit, termasuk front splitter, diffuser belakang, spoiler belakang dari serat karbon dan kap mesin diganti bahan aluminium.



Pada bagian interior, Mercedes dua pintu itu sudah bernuaNsa sport, dimulai dari setir yang bagian atas dan bawahnya rata. Desain roda kemudi diadopsi dari CLS 63 AMG. Kursi depan bergaya sport, yang bagian sandaran dan sisi pingir senada dengan trim pintu. Ada tiga pilihan warna, merah, cikelat dan abu-abu.

C63 AMG ini mulai dipasarkan Juli 2011 di Jerman dengan harga Rp809 juta. Sedang di Amerika diperkirakan September 2011 baru masuk showroom, termasuk juga Australia.

sumber : otomotif.kompas

Porsche 918 Spyder

Porsche 918 Spyder, supersport car hibrida plug-in

Porsche hari ini mengumumkan bahwa mereka mulai menjual 918 Spyder Hybrid, yang dijadikan sebagai produksi eksklusif. Eksklusivitas supersport car hibrida plug-in ini terlihat dalam hal jumlah. Jumlah mobil yang akan diproduksi sesuai dengan nomor seri modelnya, yaitu hanya 918 unit. Harga yang ditawarkan Porsche paling murah 645.000 euro atau hampir Rp 8 miliar. Maklum, ini mobil hibrida canggih!

Pengembangan model khusus ini dilakukan Porsche berdasarkan respons peminat yang luar biasa ketika mobil ini dipamerkan di Geneva Motor Show 2010, tahun lalu. 

Kehebatan

Kehebatan lain yang ditawarkan Porsche pada mobil ini adalah konsumsi bensin yang sangat irit untuk kategori supersport car. Dengan mesin V8, berkapasitas 3,8 liter, Porsche mengklaim bahwa mobil hanya akan menghabiskan 3 liter bensin untuk jarak 100 km. Berarti, konsumsi bahan bakar 33,3 km/liter. Luar biasa!
Kehebatan lain bila dilihat dari tenaga yang dihasilkannya. Dari mesin bensin saja 368 kW atau 500 PS. Sementara itu, dari dua unit motor listriknya, diperoleh tambahan 160 kW atau 218 PS. Nah, bisa dibayangkan, gabungan semua daya itu disatukan untuk menggenjot mobil ini.
Hasilnya juga hebat! Porsche mengklaim, untuk sprint dari 0-100 km, mobil ini hanya butuh waktu 3,2 detik. Kecepatan tertinggi 320 km per jam. 

Dengan kemampuan seperti itu, 918 Spyder Hybrid Plug-in diperkirakan mampu melahap satu lap sirkuit Nürburgring Nordschleife dalam 7 menit 3 detik. Sebagai pembanding, Porsche Carrera GT butuhkan 7 menit 32 detik. 

Dijelaskan pula, bila hanya menggunakan motor listrik, maka kecepatan tertinggi yang bisa dicapainya adalah 150 km per jam. Jarak tempuh bila hanya mengandalkan energi murni dari baterai hanya 25 km.

Bagi peminat yang tertarik, supersport car eksklusif ini sudah bisa dipesan dari sekarang. Menurut Porsche, pemesan awal akan memperoleh mobil lebih cepat. Diperkirakan, mobil sudah bisa dikirimkan  pada 1 September 2013.

"All-wheel drive"

Porsche menjelaskan, DNA desain 918 Spyder khusus ini adalah Carrera GT dan Porsche 917 RS Spyder. Versi ini menggunakan konstruksi monocoque dengan bodi yang dibuat dari serat karbon dan diperkuat dengan plastik. Fitur tambahan ada pada panel atap yang bisa dibuka dan disimpan di bagasi.  
Untuk memindahkan tenaga mesin, digunakan sistem gerak semua roda (all-wheel drive) dengan kontrol independen untuk menggerakkan kedua as roda. 

Penyimpan energi lisrik menggunakan baterai li-ion yang dilengkapi pendingin cair. Untuk mengisinya, bisa langsung dicolokkan ke stop kontak listrik di rumah. Lama pengisian energi untuk tegangan 220 volt, seperti di Jerman, hanya 3 jam. 

sumber : otomotif.kompas.com

MINI Coupe

MINI John Cooper Work sedang menjalani uji jalan

Petinggi BMW Group baru-baru ini menginformasikan bahwa anak perusahaan MINI akan memasarkan produk barunya model coupe (kupe) sebelum sampai akhir tahun. Fotografer carscoop di Jerman berhasil menjepret kupe MINI yang sebagain bodi ditutupi sticker warna kembang, sedang menjalani tes.

MINI mempertunjukkan model Coupe dan Roadster pertama kali pada pameran Frankfurt Motor Show 2009, kemudian jalan dari satu pameran ke pameran internasional lainnya. Perjalanan ini menyiratkan kalau MINI kupe sangat serius akan diproduksi massal dengan nama Jhon Cooper Work (JCW).

Dari segi desain, ciri khas MINI masih kuat. Perubahan ada pada gril dan lampu kristal di bagian belakang. Versi JCW yang kepergok ini merupakan versi sport dengan memakai side skirt, plus fender yang memungkin pakai velg lebar.

Pada bagian interior, hanya ruang penumpang belakang lebih lebar. Kapasitasnya 250 liter, lebih lapang dibandingkan varian tiga pintu yang 160 liter.

Mengenai mesin, versi JCW ini kemungkinan diberi jantung pacu 1,6 liter twin-turbocharged bertenaga 211 HP. Informasi lain dari BMW, selain JCW, MINI juga akan menampilkan model Cooper S dengan mesin 1,6 liter, hanya tenaganya lebih kecil 37HP. Kemudian, satu lagi versin mesin bensin non-turbo kapasitas sama, cuma tenaganya 122HP.

sumber : kompas.com

Mobil Murah Daihatsu Dibanderol Rp 84,9 Juta

Wakil Presiden Budiyono dan Menteri Perindustrian M S Hidayat melihat prototipe mobil murah Daihatsu

Toyota Motor Corporation melalui grup perusahaan Daihatsu Motor Company siap memproduksi mobil murah di Indonesia mulai 2013. Selain pasar domestik, produk ini juga membidik potensi ekspor di wilayah negara-negara anggota ASEAN.

Daihatsu diberitakan Reuters, Rabu (16/2/2011), menyiapkan dana sedikitnya 20 miliar yen atau Rp 2,12 triliun untuk membangun pabrik baru lagi berkapasitas 100.000 unit per tahun di Indonesia. Akan tetapi, pada tahun pertama produksi dimulai dengan 50.000 unit dulu baru kemudian meningkat bertahap. Dari jumlah itu, 70 persen akan dipasok untuk Toyota.

Dari berita ini bisa dispekulasikan, Toyota akan kembali berkolaborasi dengan Daihatsu menggarap proyek low cost and green car—program  mobil murah Indonesia—saat peraturan resmi dikeluarkan. Sampai berita ini diberitakan, Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan aturan baku terkait proyek yang sudah dicanangkan sejak akhir 2009.

Mobil ini akan menjadi produk termurah Toyota di seluruh dunia karena dibanderol mulai 800.000-900.000 yen (Rp 84,9 juta-Rp 95,58) per unit. Bentuknya, lebih kecil dari Etios yang diluncurkan Toyota di India, akhir 2010.

Toyota juga dikabarkan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi terbesar kedua di ASEAN setelah Thailand. Belum ada pernyataan resmi dari kabar yang beredar ini. Juru bicara Toyota Shiori Hashimto tak mau berkomentar saat ditanyakan rencana tersebut.

Di pasar mobil Indonesia 2010, Toyota dan Daihatsu merupakan pemimpin dan peringkat kedua penjualan dengan total perolehan 53 persen pangsa. Toyota punya pabrik berkapasitas 100.000 unit di Indonesia, sedangkan Daihatsu tahun ini mengejar 330.000 unit produksi.

sumber : kompas.com