Sabtu, 26 Maret 2011

Chevrolet Orlando

 Orlando Dibandrol Rp 140 - Rp 177,7 Juta

Akhirnya MPV 7-penumpang Chevrolet itu meluncurkan juga dan di Asia dimulai dari salah satu basis GM, Korea Selatan. GM menyebutk Orlando sebagai kendaraan keluarga moderen, kenyamanan dan kesenangan, diperoleh dalam satu paket.
 
“Kami menciptakan segmen baru melalui Orlando,” kata Mike Arcamone, Presiden & CEO GM Korea. Ditambahkan, Orlando  merupakan kendaraan  yang dirancang dengan filosofi “value for money”. 

Saat memperkenalkan Orlando ALV, Mike Arcmone yakin, MPV ini akan membuat konsumen Korea memberikan perhatian lebih untuk Chevrolet (maklum nama ini baru saja di gunakan menggantikan Daewoo di Korea).  Perkenalkan Orlando sekaligus membuktikan Chevrolet akan melakukan pemasaran ofensi. Untuk itu, sembilan bulan ke depan, GM akan memasarkan 9 model di Korea. 


Nama Orlando
Juga dijelaskan, asal nama Orlando pada MPV ini, yaitu salah tempat atau kota tujuan wisata paling populer bagi keluarga Amerika,  yaitu Orlando di  Florida. Kendati demikian, konsep lain juga dicemplungkan ke MPV, yaitu  crossover dengan garis atap yang rendah. Untuk membuat penampilannya, gagah rumah, tempat roda sudah disiap untuk diganti dengan ukuran 16, 17 dan 18 inci. 
Lampu depan dikeliling dengan lis hitam piano. Sedangkan lampu belakang dibuat dengan fungsi terpisah. Ciri khasnya adalah lampu tengah yang dipasang di bumper belakang.

Contek Corvette

Untuk interior, menurut Chevrolet, dicontek dari Corvette, yaitu “dual cockpit”  yang dilengkapi ilengkapi lampu biru di tengah konsol. Tempat duduk tiga deret disusun bergaya theater, di belakang lebih tinggi dari depan sehingga penumpang lebih nyaman. 
Pengaturan berbagai konfigruasi jok deret kedua dan ketiga, memungkinkan bagasi bertambah besar. Jok deret kedua  malah bisa dilipat ke samping kanan dan kiri, tujuannya untuk memudahkan penumpang di deret paling belakang mudah masuk.  Dengan jok deret kedua dan ketiga dilipat mendatar, kapasitas bagasi mencapai 1.594 liter. 

Mesin

Untuk pasar Korea, Chevrolet memasang mesin diesel DOHC, 4-silinder, 16-katup yang dikombinasikan dengan transmisi otomatik dan manual 6-percepatan. Mesin diesel ini dilengkapi dengan turbocharger tipe geometri variabel (sudut daun kipas berubah sesuai dengan kecepatan putaran) dan mampu menghasilkan tenaga maksimum 163 PS @3.800 rpm plus torsi 36,7 kgm @1.750 – 2.750 rpm. Torsi pada putaran “flat” dan rendah ini diperoleh karena Chevrolet menerapkan efek pusaran bervariasi pada sistem saluran isap udaranya.
Dengan menggunakan teknologi “common rail”,  konsumsi bahan bakar MPV ini diklaim 17,4 km/liter untuk transmisi manual dan 14,0 km/liter buat otomatik. Sedangkan emisi gas buang sudah memenuhi standar Euro V.

Dikatakan pula, sasis Orlando basisnya sama dengan sedan Chervrolet Cruze.  Untuk itu pula, karakteristik pengendalian dan handling mantap, mirip sedan.  

Untuk keamanan, selain membuat “sarang” mengamankan penumpang dari tabrakan depan, belakang dan samping, GM memasang enam kantung udara, dua di depan, samping dan tambahan di kaca samping. Kantung udara samping dipasang di luar sisi jok untuk melindungi pinggul dan dada pengemudi dan penumpang bila mobil ditabrak dari samping. 

Perlengkapan lain adalah teknologi Crash Sensor Technology (CCS) yang memastikan pintu tidak  terkunci (secara otomatis) bila tabrakan. Juga ada Electronic Stability Control (ESC) disatukan dengan Electronic Brake Force Distribution System (EBFDS), Anti-Lock Brake System (ABS), Engine Drag Control (EDC) dan Traction Control System (TCS). Semuanya untuk mencegah mobil melintir saat berbelok kencang di permukaan jalan lincin serta Hydraulic Brake Assist (HBA). 

Di Korea Selatan, Orlando dijual, dari harga terendah 19 juta won (Rp 140 juta) dan yang paling mahal 24 juta won atau Rp 177,7 juta untuk tipe LTX. 

Bagaimana kalau GM  memasarkan di Indonesia? Impor CBU pasti akan lebih mahal.  Lebih kompetitif bila dirakit di sini! 

Spesifikasi
 Specification Orlando 2.0 Diesel
 Panjang                                (mm) 4.665
 Tinggi                                   (mm) 1.635
 Lebar                                   (mm) 1.835
 Jarak sumbu roda                 (mm) 2.780
 Trek(mm)
 Depan
1.584
 Belakang
1.588
 Mesin  Katup 16-katup,   DOHC
 Kapasitas                 cc  1.990
Tenaga maks. PS @rpm 163 @3,800
 Torsi maks.  kg.m @rpm
 36,7 @1,750-2,750
 Transmisi Manual & Otomatik 6-percepatan
 Konsumsi solar (km/l)
 M/T
17,4
 A/T
14,0
 Berat kendaraan (kg)
 M/T
1.695
 A/T
1.705

 sumber : otomotif.kompas







2 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami model mobil

    sukses selalu

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat mobil masa depan

    sukses selalu

    BalasHapus