Sabtu, 26 Maret 2011

Toyota Siapkan Pengganjal Honda Brio

 Toyota Liva siap mengganjal Brio di Indonesia

Kendati produk "termurah" Honda, Brio, baru saja meluncur di Bangkok dan belum ada kepastian jadwal kemunculannnya di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mempersiapkan saingan atau pengganjalnya. Hal tersebut terungkap ketika Kompas.com secara tak sengaja bertemu dengan Presdir TAM Johnny Darmawan kemarin di Bangkok International Motor Show (BIMS).

Sembari membawa brosur Honda Brio yang memang sangat ditunggu wartawan pada jadwal peluncuran di Thailand, Johnny Darmawan berkomentar, jok belakangnya agak sempit. 

"Produk Toyota lebih lega," ungkapnya tanpa menyebut secara spesifik saingan Brio tersebut.

Malah ketika disebutkan bahwa yang sedang dipersiapkan Toyota adalah Liva, Johnny justru mengatakan bahwa saingan Brio nantinya adalah Daihatsu. "Harganya lebih murah dari Brio," jelasnya, juga tanpa menyebutkan produknya secara spesifik. Hanya terlontar, produk Toyota harganya dipasarkan di atas Brio, sedangkan Daihatsu lebih murah.

Kalau sudah begini, Daihatsu yang juga adalah bagian dari Toyota secara bersama-sama akan mengganjal Brio. Satu menyundul dari bawah, yang satu lagi menekan dari atas.   

Saingan Brio tidak hanya Toyota. Seperti diberitakan Bangkok Post hari ini, saingan Brio yang segera muncul di negara tersebut adalah Mitsubishi, saat ini diberi label "Concept Global Small". Berdasarkan informasi internal Mitsubishi yang diperoleh koran tersebut, harga produk termurah Mitsubishi itu—akan diproduksi tahun depan di Thailand—dibanderol di bawah 400.000 bath atau Rp 116.000. Sementara Brio, ketika diluncurkan, dihargai 508.500 bath atau Rp 147 juta.

Namun, mobil kecil yang sudah menunjukkan sukses di Thailand adalah Nissan March dengan harga termurah 375.000 atau Rp 108 juta.

sumber : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar