Kamis, 14 April 2011

Si Emas BSA Goldstar


Bangga rasanya bisa membangun motor tua, apalagi diganjar piala pertama ketika ikut kontes. Inilah yang mungkin dirasakan Larry Houghton dan kru Lamb Engineering dari Inggris. Mereka memenangi predikat juara pada pagelaran Custom Chrome International Bike Shows, 27 Maret lalu, di Mainz, Jerman.

Larry kala itu mengikutsertakan sebuah motor BSA Goldstar 1951 yang "diacak-acak" sedemikian rupa dan diberi nama "Son Of A Gun".

Kalau Anda melihat tampilan gambarnya berkata, "Ah ini bukan BSA Goldstar," maka Larry dkk akan mahfum. Bentuknya memang nyaris menanggalkan keasliannya.

Motor yang menjadi juara di kelas Championship Class ini mengamit mesin model ZB buatan 1951 yang diperkirakan berkapasitas 499 cc. Larry mengklaim bahwa mesin yang lazimnya berisik dan gahar itu aslinya dipergunakan untuk balapan. Adapun paket perangkat gigi transmisi diambil dari motor militer BSA M20.

Mereka lalu membuat kerangka baja yang ditempa dan dilas sehingga menghasilkan kesan "kurus". Setang, tangki, hingga buritan dibuat ala "cafe racer".

Bagian itu kemudian dipadukan dengan rantai-rantai yang dibiarkan telanjang. Sementara itu, garpu depan bergaya terbalik, sedangkan bagian kaki depan dan belakang dipasangi ban khas supermoto dengan velg ukuran 17 inci.

Yang unik, suspensi belakang seakan-akan dibiarkan sendirian. Ia tak lagi "ditugaskan" memegang ban belakang langsung, tetapi dibuat seolah-olah monoshock (padahal ada dua suspensi) dan terpasang langsung ke rangka mesin.

"Gayanya campuran antara motor balap Honda tahun 1960-an dan Yamaha FS1E," kata Larry. Ia bersama tim menghabiskan 1.200 jam untuk membangun motor ini dan membeli beberapa suku cadang dari eBay.

Total biaya pembangunan "Son Of A Gun" bertubuh emas dan krom ini mencapai 9.800 dollar AS atau sekitar Rp 90 juta dan belum termasuk biaya kru. Harga yang pantas untuk piala juara? Larry setidaknya tersenyum puas.

0 komentar:

Posting Komentar