Rabu, 13 April 2011

Satu gol Messi mantapkan langkah Barca ke semifinal


Satu gol Lionel Messi memberi Barcelona kemenangan 1-0 atas Shakhtar Donetsk di leg kedua perempatfinal Liga Champions. The Catalans pun melenggang mulus ke semifinal dengan keunggulan agreat 6-1.

Barcelona datang ke Donbass Arena, Ukraina, Rabu (13/4/2011) dengan membawa bekal lebih dari cukup setelah memetik kemenangan 5-1 di pertandingan pertama. Meski Shakhtar dikenal punya statistik bagus di kandang, toh Xavi Hernandes cs tetap mampu memetik kemenangan tipis dengan skor 1-0.

Gol semata wayang tersebut dibuat Messi di menit 43. Tambahan satu gol itu membuat skuad besutan Josep Guardiola berhak atas tiket ke semifinal dengan keunggulan agregat mencolok 6-1.

Di babak empat besar Barca akan menghadapi pemenang laga antara Real Madrid vs Tottenham Hotspur. El Real kini dalam posisi diunggulkan menyusul kemenangan 4-0 pada pertemuan pertama di Santiago Bernabeu.

Jalan Pertandingan

Barcelona dapat perlawanan ketat dari tuan rumah di awal laga. Di menit delapan gawang Barca terancam saat tendangan Douglas Costa meneruskan umpan Jadson masih bisa diblok Victor valdes.

Enam menit berselang duo Costa-Jadson kembali menguji pertahanan Barca, kali ini Valdes dengan sigap menangkap sepakan keras Jadson yang mengarah tepat padanya.

Skuad besutan Josep Guardiola kemudian mencoba membangun serangan, salah satunya melalui sepakan jarak jauh Xavi Hernandez yang masih melayang di atas sasaran. Namun setekah itu Shakhtar lagi-lagi punya peluang bikin gol saat tendangan Henrik Mkhitaryan arahnya tepat ke pelukan Valdes.

Peluang terbaik Barcelona datang di menit 30 saat upaya Ibrahim Afellay menceploskan bola ke dalam gawang usai menerima umpan panjang Adriano masih bisa dihalau Yaroslav Rakitskiy di muka gawang. Semenit berselang Messi berhadapan satu lawan satu dengan Pyatov, usahanya mencungkil bola terbaca dengan baik oleh sang kiper.

Setelah sepakan Afellay di menit 40 mampu ditinju Pyatov, Barca akhirnya lebih dulu unggul saat laga masuk menit 43. Mendapat umpan dari Daniel Alves, Messi dengan tenang mengontrol bola untuk kemudian melepaskan tendangan yang bersarang di gawang. 1-0 Barca unggul.

Berbeda dengan babak pertama, di awal babak kedua tuan rumah seperti kehilanga daya juangnya. Keharusnya mencetak tujuh gol untuk menjaga peluang lolos jelas tugas yang sangat sulit.

Hal ini membuat Barcelona nyaris menggandakan keunggulan di menit 59. Bermula dari aksi individu Messi yang melewati dua pemain lawan, umpan yang dia lepaskan mampu disambar dengan sempurna oleh Afellay, meski masih mampu dihadang kiper Pyatov. Upaya rebound Alves juga tak membuahkan hasil.

Shakhtar nyaris menyamakan kedudukan melalui Mkhitaryan di menit 63. Namun Valdes tampil membuat penyelamatan gemilang yang menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Pyatov membuat kesalahan di menit 80 saat dia justru memberi bola pada Messi. Shakhtar beruntung sepakan Pedro Rodrigues, yang dapat sodoran bola dari Messi, masih melenceng dari sasaran.

Di sisa waktu pertandingan tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga laga tuntas.

0 komentar:

Posting Komentar