Rabu, 30 Maret 2011

Alasan Capello Tidak Telepon Ferdinand

by : Tjatur Wiharyo

Pelatih Inggris, Fabio Capello

Sebelum jeda internasional, akhir pekan lalu, pelatih Fabio Capello mencopot ban kapten tim nasional Inggris dari Rio Ferdinand dan memberikannya kepada John Terry secara permanen.

Menurut pemberitaan di Inggris, Capello mengambil keputusan itu tanpa memberi tahu Ferdinand. Ferdinand disebut marah kepada Capello.

Menurut Capello, ia bukan tidak mau mengabari Ferdinand, tetapi menurutnya, ia harus membicarakan itu secara langsung, dan bukan melalui telepon.

Masalahnya, menurut Capello, ia terlalu sibuk sehingga tak sempat bertemu Ferdinand dan terpaksa mengambil keputusan dan mengumumkannya tanpa bicara dengan Ferdinand.

Capello bukan tidak punya telepon atau nomor telepon Ferdinand. Namun, menurutnya, urusan pergantian kapten begitu penting sehingga tidak etis membicarakannya lewat telepon.

Saking teguhnya untuk berpegang pada pandangan itu, ia sampai memilih memberi tahu Ferdinand belakangan, ketimbang di awal, tetapi melalui telepon.

Bahwa kemudian Steven Gerrard mengaku ditelepon Capello soal pergantian kapten, boleh jadi, itu karena ia bukan lakon utama.

Nah, tampaknya ada alasan lain bagi Capello untuk memilih bicara langsung ketimbang lewat telepon. Menurut Capello, sejak menukangi "Tiga Singa" pada 2008 lalu, bahasa Inggrisnya masih terbatas dan hanya cukup untuk memberikan instruksi latihan kepada tim.

"Saya tak tahu apakah bahasa Inggris saya cukup bagus. Saya pikir, ketika bicara dengan para pemain, mereka mengerti segalanya," ujar Capello.

"Saya pikir, dalam pekerjaan ini, yang penting adalah ketika Anda bicara dengan pemain."

"Jika saya perlu bicara soal ekonomi dan hal lain, saya tak bisa. Namun, ketika Anda bicara soal taktik, Anda tak menggunakan banyak kosa kata. Maksimal seratus kata," 


"Saya masih belajar dan terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya setiap hari. Saya mendengar radio, melihat televisi. Ketika melihat televisi, saya mengaktifkan teks terjemahannya."
"Saya melihat berbagai program (termasuk sepak bola). Dari aksen, saya tahu apakah seseorang datang dari utara atau dari London. Saya belajar dengan sangat baik," tuturnya.

Mengingat Capello menilai penting masalah ban kapten dan itu berbeda dari masalah taktik atau strategi dalam sesi latihan, wajar ia tidak ingin terjadi kesalahpahaman dan dengan keterbatasan kosa kata, komunikasi langsung akan lebih baik ketimbang lewat telepon.

Dengan komunikasi langsung, pihak terkait akan berkomunikasi melibatkan indera lainnya sehingga keterbatasan komunikasi Capello bisa terbantu dengan mimik atau gerak wajah, misalnya.

Sekarang, jadwal Capello sudah agak kosong karena Inggris sudah melakoni semua jadwal pertandingan di jeda internasional ini, yaitu melawan Wales pada kualifikasi Piala Eropa 2012 akhir pekan lalu dan Ghana pada pertandingan persahabatan, Selasa (29/3/2011).

Ferdinand juga sedang tidak banyak kegiatan di klubnya, Manchester United, karena masih cedera. Namun, bertemu Ferdinand bukan masalah mudah bagi Capello sekarang. Pasalnya, sesuai pemberitaan di Inggris, Ferdinand sudah telanjur kecewa dan tidak mau bertemu Capello untuk waktu yang hanya Ferdinand yang tahu.

sumber : bola.kompas

0 komentar:

Posting Komentar