Minggu, 01 Mei 2011

Lorenzo vs Simoncelli Pasca QP Estoril

Jika awal musim 2010 lalu MotoGP “dipanaskan” oleh isu perpindahan rider, awal musim 2011 ini MotoGP justru diramaikan oleh konfrontasi antar rider. Setelah Valentino Rossi dan Casey Stoner saling “bersahutan” lewat media, selanjutnya giliran Jorge Lorenzo yang melakukan “debat terbuka” dengan Marco Simoncelli usai sesi Qualifiying Practice (QP) MotoGP Portugal, Sabtu kemarin.
Berawal dari Simoncelli yang merasa tak terima dengan pernyataan Lorenzo yang menilai gaya balapnya membahayakan rider lain, lalu dijawab langsung oleh Lorenzo yang ada disebelahnya. Konferensi pers itupun lantas berubah jadi ajang debat terbuka. Berikut ini adalah transkrip debat kedua rider yang akan start dari posisi 1 dan 2 pada race hari ini di sirkuit Estoril. Transkrip ini diterjemahkan dari situs resmi MotoGP.

Marco Simoncelli (MS): “Ya, saya membaca sesuatu yang dia katakan tentang gaya balap saya tapi saya tidak tahu, bagi saya ia mengatakan beberapa hal yang salah karena ia mengatakan bahwa tahun lalu di Valencia aku menyentuh dia dan dia hampir jatuh, tapi itu tidak benar karena saya berada di depan dan ia mencoba melewati saya dan melakukan kesalahan. Dia menyentuh saya dan bannya ada di leather saya, dari kaki ke bahu, jadi untuk saya itu bukan contoh yang benar. Hal lain adalah bahwa beberapa tahun yang lalu ia didiskualifikasi oleh Race Director karena gaya balapnya agresif, sehingga bagi saya dia mengatakan hal yang salah.”

Jorge Lorenzo (JL): “Bagi saya, saya berpikir bahwa kemarin saya mengucapkan kata-kata yang tepat. Bagi saya itu bukan masalah jika itu tidak terjadi, kita akan melihat apa yang terjadi di masa depan. ”

MS: “Ya, tapi Anda memberikan contoh yang salah, menurut saya, dari Valencia.”

JL: “Saya pikir Anda telah menyenggol banyak rider, bukan?”

MS: “Ya, tapi contoh anda salah, menurut saya”

JL: “Berapa banyak race aku tidak jatuh? Aku tidak menyentuh siapa pun.”

MS: “Aku berkata bahwa contoh Anda salah, maaf!”

JL: “Ini adalah pendapat Anda! Tapi saya rasa banyak orang di sini, di paddock, banyak rider, memiliki pendapat yang sama seperti saya. ”

MS: “Cobalah untuk bertanya.”

JL: “Tanya (Andrea) Dovizioso, misalnya. Tanyakan (Hiroshi) Aoyama, misalnya.”

MS: “Tanya Dovizioso di tahun 2005!”

JL: “Itu tidak masalah. Jika tidak ada yang terjadi di masa mendatang, itu bukan masalah bagi saya. Namun jika sesuatu terjadi dengan Anda di masa depan, itu akan menjadi masalah. ”

MS: “Oke. Aku akan ditangkap!”

JL: “Pertanyaan ini, semua orang tertawa, tapi tidak lucu karena kita bermain dengan hidup kita. Kami naik di 300 km/jam dan kita berada diatas motor yang sangat kuat dan sangat berat. Ini bukan minibike. Ini adalah olahraga yang berbahaya dan Anda harus berpikir tentang apa yang Anda lakukan. Tidak apa-apa, saya siap untuk bertarung dengan semua pembalap, tapi aku tidak suka fight tidak bersih. It’s the way. Aku sering terluka sendiri, saya membuat crash De Angelis di Jepang yang merupakan salah saya, kesalahan saya, maka dari itu aku selalu mencoba untuk balap secara bersih. Saya bisa membuat kesalahan karena saya manusia, tetapi biasanya ketika saya naik saya berpikir dua kali tentang banyak hal. Saya tidak impulsif karena itu satu hal untuk bermain dengan kesehatan Anda, dan hal lain untuk bermain dengan kesehatan rider lain”

0 komentar:

Posting Komentar