Kamis, 05 Mei 2011

Manchester United menang 4-1 atas Schalke 04

Manchester United (MU) berpesta gol dengan membekuk Schalke 4-1 pada leg kedua babak semifinal Liga Champions, Rabu atau Kamis (5/5/2011) dini hari WIB. "Setan Merah" unggul agregat 6-1 dan berhak menantang Barcelona di babak final.

Barca sehari sebelumnya sukses menyingkirkan rival abadi mereka, Real Madrid. Partai MU lawan Barca bakal digelar di Stadion Wembley, 28 Mei mendatang. Final yang sama pernah terjadi dua tahun lalu di Roma. Ketika itu Barca keluar sebagai pemenang.

Barca sudah langsung ambil ancang-ancang untuk menyambut partai final nanti. Pelatih Barca, Pep Guardiola, hadir untuk mematai-matai pertandingan MU lawan Schalke di Old Trafford.

Dalam laga itu sendiri, MU menurunkan banyak pemain cadangan mereka. "Setan Merah" menyimpan sebagian besar tenaga utama mereka karena akan menghadapi Chelsea dalam duel "hidup-mati" Premier League, akhir pekan nanti.

Manajer Sir Alex Ferguson memberi kesempatan kepada pemain cadangan, macam Jonathan Evans, Chris Smalling, John O'Shea, Anderson, Darron Gibson, dan Dimitar Berbatov untuk unjuk gigi.

MU tampil santai melawan Schalke. Tuan rumah tidak memperagakan permainan cepat seperti di leg pertama. Konsolidasi serangan yang dibangun Paul Scholes, Anderson, dan Gibson dilakukan secara perlahan. Alhasil, pertandingan sempat berjalan alot.

Kebuntuan baru terpecahkan di menit ke-26. Bek asal Jepang, Atsuto Uchida, melakukan kesalahan fatal dalam melakukan back pass. Bola berhasil direbut Anderson di tengah.

Pemain asal Brasil itu kemudian memberikannya kepada Gibson yang berada di ruang bebas. Dengan jitu, Gibson langsung melepas umpan terobosan yang dikejar Antonio Valencia di kotak penalti. Tanpa pikir panjang, Valencia melepas tembakan ke tiang jauh yang menaklukkan Manuel Neuer, 1-0 untuk MU.

Meski unggul, MU tak menurunkan intensitas tekanan mereka. Usaha ini tak sia-sia karena kolaborasi Gibson-Valencia lagi-lagi "membunuh" Schalke. Dari dalam kotak penalti, Valencia memberikan bola kepada Gibson yang langsung ditembak ke gawang Schalke. Bola sebenarnya tepat mengarah ke Neuer, namun kiper timnas Jerman itu kehilangan kontrol dan blocking yang ia lakukan justru mengarahkan bola masuk ke gawangnya sendiri, 2-0 untuk MU.

Unggul dua gol membuat pertahanan MU lengah. Schalke mampu memanfaatkan keadaan ini lewat gol Jose Jurado di menit ke-35. Pria asal Spanyol itu menembakkan bola menyusul kemelut yang terjadi di depan gawang Edwin Van der Sar, 2-1.

Schalke mencoba menambah pundi-pundi gol di babak kedua dengan menyerang MU. Namun, MU tak membiarkan permainan Schalke berkembang. Meski sempat tertekan, MU tetap bisa melancarkan serangan-serangan tajam.

Pada menit ke-72, serangan MU membuat kemelut di depan gawang Manuel Neuer. Anderson yang mendapat bola, langsung melesakkannya ke gawang dan gol.

Schalke meningkatkan serangan. Namun, pertahanan mereka justru terbuka. Sebuah serangan balik MU berhasil mengarah kepada Dimitar Berbatov yang melebar ke sisi kanan pertahanan lawan. Melihat Anderson masuk ke kotak penalti, dia memberikan umpan silang kepadanya. Dengan mudah, Anderson menjebol gawang Neuer yang sudah salah posisi pada menit ke-76.

Schalke masih belum menyerah dan terus menyerang. Klaas-Jan Huntelaar sempat mencetak gol, tapi dianulir karena sudah dalam posisi offside lebih dulu. Akhirnya, Schalke pun dipaksa menyerah 1-4.

Susunan pemain

Manchester United: Edwin van der Sar; Jonathan Evans, Chris Smalling, John O'Shea, Rafael (Patrice Evra 60); Paul Scholes (Darren Fletcher 73), Anderson, Darron Gibson, Nani, Antonio Valencia; Dimitar Berbatov (Michael Owen 77)

Schalke 04: Manuel Neuer; Christoph Metzelder, Benedikt Höwedes (Klaas-Jan Huntelaar 70), Sergio, Atsuto Uchida; Jose Jurado, Kyriakos Papadopoulos, Julian Draxler, Jefferson Farfan; Alexander Baumjohann (Eduardo Goncalves de Oliveira 45), Raúl

sumber

0 komentar:

Posting Komentar