Sabtu, 07 Mei 2011

Harga Tiket Final Liga Champion

Tingginya gengsi final Liga Champions yang mempertemukan Manchester United dan Barcelona membuat orang rela mengeluarkan berapapun untuk mendapatkan tiketnya.

Secara resmi, harga tiket yang dikeluarkan UEFA berkisar antara 80 pound (Rp 1,2 juta) untuk yang paling murah, hingga paling mahal 300 pound (Rp 4,2 juta). Tingginya harga tiket ini disebut sejumlah fans MU ‘berbau skandal’.

Bahkan presiden UEFA Michel Platini juga mengakui terjadi kesalahan penetapan harga tiket.

“Mungkin lain kali kami akan membuat kategori lain yang tidak terlalu mahal bagi keluaraga. Tetapi jika hal tersebut jatuh ke pasar gelap, bisa sampai berapa harganya?” mantan pemain Timnas Prancis itu berujar, seperti dinukil dari Daily Mail.

Tak butuh waktu lama, ucapan Platini menjadi kenyataan. Di globalticketmarket.com, harga tiket kategori 150 pound (Rp 2,1 juta) ditawarkan dengan harga enam ribu pound (Rp 84 juta) dengan biaya booking 1,088 pound. Sementar di eBay, seorang pengguna menawar 6600 pound (Rp 92,8 juta) untuk dua tiket.

Juru bicara UEFA sudah mengumumkan bahwa transaksi semacam itu adalah ilegal dan bisa diajukan ke pengadilan. Namun selain tingginya permintaan, upaya untuk menelusuri transaksi tersebut, terutama lewat online, bukanlah hal yang mudah.

“Kami menghimbau kepada fans agar hanya membeli tiket lewat tempat-tempat resmi. Tiket yang tersisa akan dijual langsung oleh klub.”

Suporter Manchester United yang beruntung mendapatkan tiket harus lebih dulu ke Olf Trafford dan menunjukkan paspornya, sesuai peraturan UEFA, sebelum ke Wembley tempat laga tersebut di gelar.

Sayangnya, upaya untuk mendapatkan tiket juga tidak mudah. Hanya 11 ribu lembar tiket yang dijual bebas. Masing-masing klub mendapatkan jatah 25 ribu tiket yang diutamakan untuk pemegang tiket terusan. Sementara pembeli 25 ribu tiket lainnya ditentukan lewat undian.

Meski membeli, mereka tetap harus diundi. Syaratnya, suporter setidaknya sudah 10 kali menyaksikan pertandingan Liga Champions secara langsung, dan diutamakan bagi mereka yang menyaksikan laga tandang Liga Champions secara langsung.

3 komentar:

  1. itu blon termasuk biaya tingkah laku sob :D

    BalasHapus
  2. gimana kalo kita usulin, final liga champion taun depan di markasnya deltras sidoarjo ??

    BalasHapus